Masa kanak-kanak menjadi salah satu penentu dalam kehidupan seseorang. Sangat penting bagi orang tua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak terutama selama masa prasekolah. Salah satu faKtor penting yang harus diperhatikan orang tua adalah asupan gizi simbang pada anak.

Saat ini banyak ditemukan anak yang kurus bahkan terlalu gemuk. Aktifitas bermain yang meningkat dan ketika anak mulai sekolah membuat anak menunda waktu makan, bahkan tidak jarang orang tua yang tidak memerhatikan isi bekal dengan memberi jajanan dan makanan instan sebagai menu bekal anak. Oleh karena itu perlu kesadaran orang tua untuk mengenal dan memperhatikan asupan makanan pada anaknya agar mencapai gizi seimbang.

Puskesmas Sei Jang telah mengadakan penyuluhan tentang gizi seimbang di beberapa TK dan PAUD/KB di wilayah kerja Puskesmas Sei Jang. Kegiatan diisi oleh Petugas Gizi Puskesmas Sei Jang dan dihadiri oleh orangtua murid. Melalui penyuluhan ini, diharapkan orangtua dapat memenuhi gizi seimbang yang dibutuhkan anak dan mencegah kejadian stunting pada anak.

Kegiatan penyuluhan gizi seimbang ini disambut baik oleh pihak TK dan PAUD/KB wilayah Puskesmas Sei Jang. Pihak sekolah merasa terbantu untuk mengingatkan kembali orang tua tentang pentingnya gizi seimbang pada anak. Orang tua murid juga antusias selama penyuluhan dan banyak yang kemudian berkomitmen untuk memastikan anaknya mendapatkan menu gizi seimbang setiap hari.